Categories
Uncategorized

Pengertian Invoice dan Cara Membuatnya

Jika Anda bekerja sebagai pengusaha, kontraktor, atau menjalankan bisnis kecil, semua klien akan meminta Anda untuk mengirimkan faktur kepada mereka. Jika Anda tidak tahu apa itu faktur atau invoice, maka Anda harus segera memahaminya karena itu sangat penting untuk proses bisnis Anda.

Faktur adalah dokumen atau tagihan yang dikeluarkan oleh penjual, vendor, pemasok, dan layanan lain yang diberikan untuk perusahaan atau seseorang. Berikut adalah penjelasan lebih mendetail mengenai faktur.

Apa itu Faktur dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jika Anda telah melakukan layanan atau memberikan produk kepada pelanggan atau bisnis lain, Anda harus membuat tagihan. Biasanya dokumen penagihan ini bisa menggunakan perangkat lunak faktur, sebagai dokumentasi tertulis dari produk atau layanan yang Anda berikan dan jumlah hutang yang dinyatakan dengan jelas di bagian bawah. Berikut adalah detail yang harus Anda tulis dalam faktur :

  1. Informasi kontak anda

  2. Nomor akun pelanggan

  3. Nomor tagihan

  4. Detail produk atau layanan yang Anda berikan

  5. Jumlah produk apa pun

  6. Biaya setiap item

  7. Total biaya setiap item

  8. Jumlah yang harus dibayar

Jika Anda melihat adanya tagihan yang salah atau perbedaan lainnya, informasi kontak perusahaan, nomor rekening Anda, dan nomor tagihan harus dicantumkan di bagian atas tagihan untuk memudahkan menghubungi mereka dan mengatasi masalah apa pun. Anda perlu menghubungi perusahaan untuk menyelesaikan perbedaan ini dan membayar jumlah yang dikoreksi ke perusahaan yang mengirimkan tagihan kepada Anda.

Fungsi Invoice

Anda dapat menggunakan perangkat lunak faktur atau menulis tagihan secara manual dengan tangan. Sebagian besar pemilik bisnis dan kontraktor lebih suka menggunakan perangkat lunak faktur karena jauh lebih mudah dan sederhana.

Perangkat lunak dirancang khusus untuk mempercepat dan mempermudah Anda menerbitkan tagihan kepada pelanggan dan membantu Anda melacak tagihan tersebut untuk memastikan Anda dibayar,

Sebagian besar perangkat lunak dapat diprogram untuk memberi tahu Anda ketika tagihan belum dibayar sehingga Anda dapat mengirim salinan tagihan lainnya ke pelanggan atau menghubungi mereka secara langsung.

Setelah tagihan dibayar, mudah untuk menandainya dan menyimpannya ke file catatan keuangan Anda. Perangkat lunak dapat mempermudah pelacakan pendapatan yang telah Anda terima dan dapat secara otomatis menghitung pendapatan dan pengeluaran Anda, yang membuat pembayaran pajak dan pengarsipan pajak bisnis Anda jauh lebih mudah.

Setelah Anda membuat tagihan, perangkat lunak yang Anda gunakan untuk menghasilkan tagihan dapat mengirimkan tagihan ini melalui email. Saat Anda semakin terbiasa dengan pembuatan faktur, maka hal ini dapat membantu bisnis Anda tampil lebih profesional.

Fungsi dari faktur adalah mencatat hutang, mengatasi kesalahan dengan segera, dibayar lebih cepat, dan meminta pertanggungjawaban pelanggan atas barang dan layanan yang telah mereka terima.

Selain mengandalkan perangkat lunak faktur, jangan lupa untuk menggunakan aplikasi keuangan. Salah satu aplikasi keuangan terbaik yang sangat cocok untuk digunakan bisnis kecil menengah adalah “BukuKas”. Atur keuangan Anda dengan aplikasi ini, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *