Langkah Memulai Digital Marketing Untuk Pemula

digital-marketing-agency

Digital marketing agency – Di zaman yang serba modern seperti sekarang, tentunya sudah diketahui bahwa digital marketing menjadi pilihan tepat untuk penjualan. Namun masih belum banyak pemilik usaha yang sadar untuk memanfaatkan digital marketing. Pemasaran yang dilakukan secara digital memang bisa menjangkau lebih banyak traffic. Dimana traffic ini bisa dijadikan konversi dan menguntungkan bagi brand atau perusahaan. Untuk Anda yang ingin memulai ke pemasaran digital, namun masih pemula. Tentu ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa urutan ketika ingin memulai pemasaran digital untuk pemula. Simak juga penjelasannya dibawah ini.

  1. Memiliki Produk & Target Market

Hal mendasar yang harus diutamakan adalah memilih target market atau siapa customer dari produk Anda. Selanjutnya mempelajari apakah produk yang akan dipasarkan nanti tetap dan menjadi solusi bagi setiap customer. Untuk contohnya, memilih target market untuk anak-anak usia 1 – 10 tahun. Produk yang akan kami pasarkan adalah madu anak. Contoh lainnya target market adalah para pemilik mobil yang memiliki masalah baret pada mobil. Jadi Anda bisa menyiapkan produk yang bisa menghilangkan baret pada mobil.

  1. Memilih Produk Terbaik

Kemudian cari produk atau jasa yang mampu memberikan solusi terbaik. Ada banyak pengusaha yang gagal berbisnis karena memikirkan mengenai produk bagus, bahan berkualitas, desain unik dan lainnya. Namun mereka tidak memberikan solusi mengenai apa yang nantinya akan diberikan dari produk tersebut. Brand atau perusahaan yang sukses hadir dengan memberikan solusi. Tidak masalah jika produk yang dibuat kualitas lokal, namun jika Anda bisa memberikan benefit yang setara kualitas import. Maka bisa dikatakan jika produk tersebut sudah benar-benar bagus dan bisa bersaing dengan brand atau produk lainnya.

  1. Membuat Website Pribadi

Langkah selanjutnya adalah membuat website pribadi untuk brand atau produk yang sudah dipersiapkan. Jangan lagi berpikir bahwa membuat toko online di marketplace bisa lebih banyak mendatangkan keuntungan. Dengan memiliki website sendiri sebagai toko online akan membuat brand atau produk Anda semakin berkredibel. Selain itu memiliki website toko online sendiri akan membuat lebih semangat dalam mendesain toko online. Juga bisa mengisi konten sesuai keinginan sampai membuat iklan seperti kompetitor-kompetitor lainnya. Sekarang ini sudah banyak layanan jasa pembuatan website murah yang siap untuk diajak kerja sama. Salah satunya adalah dlingodigitalmedia.com.

  1. Membangun Sosial Media

Selanjutnya adalah membangun interaksi dengan calon customer potensial lewat media sosial. Instagram, Facebook, TikTok dan YouTube menjadi media sosial yang paling banyak digunakan untuk berinteraksi dengan calon konsumen. Anda bisa memanfaatkan satu atau dua media sosial untuk menjaring lebih banyak calon konsumen potensial. Misalnya Instagram dan TikTok. Untuk sebagian orang, mengelola media sosial memang cukup sulit. Sebab mereka harus mengeluarkan ide konten, membuat konten dan meluangkan waktu cukup banyak. Namun saat ini sudah ada solusinya jika ingin tetap membangun media sosial tanpa harus mengelola sendiri. Layanan sosial media management menjadi pilihan tepat untuk mereka yang kesulitan membangun media sosial sendiri.

  1. Menggunakan SEO, SEM dan Sosial Media Ads

Di tahap ini Anda mulai menggunakan modal. Namun disarankan untuk hati-hati ketika menggunakan dana untuk pemasaran berbayar. Sebab banyak pemilik usaha yang malah akhirnya rugi karena kurang paham dalam beriklan digital. Oleh karena itulah, sebelumnya setidaknya harus melakukan survey dan mencari-cari referensi. Baru nanti bisa memutuskan untuk memilih akan menggunakan promosi berbayar yang mana.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *